test

News

Kamis, 21 Oktober 2021 20:03 WIB

Kemenhub Catat Penumpang Pesawat Naik 12 Persen Sejak Covid-19 Melandai

Editor: Hadi Ismanto

Jumlah penumpang di Bandara Soekarno Hatta terus meningkat seiring penurunan status PPKM. (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat adanya peningkatan penumpang pesawat mencapai 12 persen semenjak penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai.

"Kami mencatat secara nasional terjadi peningkatan sekitar 10-12 persen dari sisi load factor atau kapasitas penumpang atau penumpang yang melakukan perjalanan," kata juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (21/10/2021).

Dengan adanya kenaikan ini, Adita menyampaikan hal tersebut tentunya perlu diantisipasi. Penumpang pesawat juga diingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati. (Foto: Twitter Kemenhub)
Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati. (Foto: Twitter Kemenhub)

"Dengan adanya ketentuan atau peraturan yang baru tentang syarat perjalanan ini juga harus betul-betul dilaksanakan secara konsisten," tuturnya.

Kemenhub, kata Adita, akan terus memantau lonjakan jumlah penumpang hingga akhir tahun nanti. Pasalnya, pada jelang pergantiaan tahun akan menghadapi libur Natal dan tahun baru, yang diprediksi meningkatnya mobilitas masyarakat.

"Diharapkan nantinya akan ada ketentuan-ketentuan yang memang sifatnya untuk mengantisipasi yang itu berlaku saat Natal dan tahun baru. Dan diharapkan juga tentunya seluruh anggota masyarakat tetap bijaksana dalam memutuskan untuk bepergian," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Adita juga mengingatkan bahwa pandemi Covid -19 hingga kini belum dinyatakan hilang. Karenanya, dia meminta agar masyarakat lebih waspada penyebaran virus.

"Bagaimanapun pandemi belum berakhir dan kita tetap harus waspada, meskipun suasana pandemi sekarang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya," tukasnya.

BERITA TERKAIT