test

News

Kamis, 21 Oktober 2021 14:05 WIB

2.149 Personil Dikerahkan Kawal Aksi Mahasiswa di Istana Negara

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Pengawalan aksi demonstrasi. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Sekelompok mahasiswa akan mengadakan aksi demonstrasi untuk menyoroti pemerintahan dua tahun Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

Guna mengantisipasi gangguan keamanan tersebut, polisi bekerjasama dengan TNI melakukan pengamanan dengan mengerahkan ribuan personil.

"Ada sekitar 2.149 personil gabungan dikerahkan," kata Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, AKP Sam Suharto, Kamis (21/10/2021).

Pengarahan personil menurut Sam penting dilakukan guna mencegah timbulnya kerumunan, sesuai arahan Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Hengki Haryadi yang menyebut kasus Covid-19 masih cukup tinggi di Jakarta.

"Kita berusaha untuk mencegah timbulnya kerumunan hingga mengakibatkan klaster baru. Karena memang sudah diatur dalam UU terkait dengan kesehatan masyarakat," imbuhnya.

Sam memastikan, aparat gabungan akan bersikap humanis dalam pengamanan aksi tersebut.

"Intinya kita menghindari aparat bersifat eksesif. Anggap saja yang melakukan aksi itu adik-adik kita," tukas Sam.

Sebagai informasi, Koordinator Pusat BEM SI Nofrian Fadil Akbar menjelaskan aksi tersebut dilakukan dalam rangka mengkritisi kepemimpinan Joko Widodo yang sudah memasuki tahun ketujuh.

Menurutnya, tidak ada perubahan yang signifikan dalam tujuh tahun kepemimpinan Jokowi. Nofrian menyebut, aksi ini akan dilakukan secara serentak di beberapa wilayah di Indonesia.

BERITA TERKAIT