test

News

Jumat, 8 Oktober 2021 14:05 WIB

Bertambah, Total 57 Orang Terpapar Covid-19 Selama PON XX Papua

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Satgas Covid-19 PON XX Papua. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kasus aktif Covid-19 dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terus bertambah. Data terkini hingga Jumat (8/10/2021) total atlet dan official yang terpapar mencapai 57 orang.

"Kondisi terkini, tadi malam pukul 23.30 WIB itu ada 50 kasus sementara tadi saya mendapat informasi tambahan 7 kasus dari Merauke, jadi totalnya sekarang 57 kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 di Papua, Silwanus Sumule dalam diskusi virtual di YouTube BNPB.

Silwanus menerangkan, 57 orang tersebut tidak mengalami gejala berat usai terpapar Covid-19. Hal ini dikarenakan seluruh atlet dan official telah menerima suntikan vaksin lengkap.

Meski begitu, menurut Silwanus, pihaknya terus berupaya mencegah timbulnya penyebaran Covid-19 secara lebih luas dengan meningkatkan 3M dan 3T serta fasilitas kesehatan yang memadai.

Ia memastikan seluruh atlet dan official yang terpapar akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

"Teman-teman di hulu dibantu dengan yang berada di hilir juga berupaya mencegah, di hulu terus ditingkatkan 3M dan 3T sementara di hilir itu kita meyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan," jelasnya.

Adapun salah satu faktor munculnya kasus aktif dalam penyelenggaraan PON XX Papua ini menurut Silwanus, lantaran protokol kesehatan yang sedikit longgar pada saat pembukaan acara.

"Kami menyadari bahwa ada euforia yang berlebihan, karena pada dasarnya memang masyarakat juga sudah lama menantikan pagelaran ini," pungkas Silwanus.

BERITA TERKAIT