test

News

Minggu, 3 Oktober 2021 12:02 WIB

BNPB Bakal Bangun Gudang Logistik di Tujuh Daerah

Editor: Hadi Ismanto

Kendaraan operasional BNPB. (Foto: PMJ News/Dok BPNB).

PMJ NEWS - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membangun gudang logistik di tujuh wilayah untuk mempercepat distribusi bantuan apabila terjadi bencana.

"Gudang atau balai besar logistik dan peralatan akan dibangun di tujuh provinsi, salah satunya di Kota Ambon untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara," ungkap Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan, Sabtu Sabtu (2/10/2021).

Dia menambahkan, sampai saat ini baru satu balai besar telah dibangun di Kota Padang, Sumatera Barat. Lokasi ini untuk menampung logistik bagi kepentingan seluruh wilayah di Pulau Sumatera.

Rencana pembangunan balai logistik BNPB ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat distribusi bantuan logistik bila terjadi bencana di satu daerah. Pasalnya, selama ini seluruh logistik berada terpusat di Jakarta.

"Sehingga jika terjadi bencana misalnya di Ambon, maka respons time akan sangat lama, apalagi dalam jumlah banyak. Tetapi kalau sudah ada balai di sini, maka bantuan dapat disalurkan dalam waktu cepat," tuturnya.

Selain itu, balai logistik juga akan difungsikan sebagi tempat pelatihan bagi para relawan tanggap bencana. Dengan begitu, daerah akan lebih siap mengoperasikan atau memasang berbagai peralatan dan logistik BNPB.

"Tenda BNPB yang besar-besar misalnya, tidak semua orang bisa memasangnya. Karena itu perlu dilatih sehingga petugas dan relawan menjadi ahli mengoperasikannya," tukasnya.

BERITA TERKAIT