test

News

Selasa, 28 September 2021 16:05 WIB

Tanam Mangrove di Pantai Wisata Raja Kecik, Jokowi: Untuk Kendalikan Abrasi

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan seusai menanam pohon mangrove di Pantai Wisata Raja Kecik. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa (28/9/2021). Dalam kunker tersebut, Kepala Negara melakukan penanaman pohon mangrove di Pantai Wisata Raja Kecik.

Kegiatan penanaman pohon itu dilakukan Jokowi bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Siti Nurbaya, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Hartono Prawiraatmaja, hingga bupati dan masyarakat Bengkalis.

"Saya berharap kawasan yang terabrasi bisa diperbaiki dan rehabilitasi dalam rangka mengendalikan abrasi sekaligus mendukung ekowisata dan pariwisata di Bengkalis," ungkap Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap langkah ini juga akan memberikan dampak positif untuk perbaikan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan wisata Pantai Raja Kecik, Desa Muntai Barat.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan pemerintah akan terus melanjutkan rehabilitasi mangrove. "Pada 2021, kita akan rehabilitasi hutan mangrove di seluruh Tanah Air sekitar 34 ribu hektar," ucapnya.

Presiden menyebut hutan mangrove menyimpan karbon 4-5 kali lipat lebih banyak daripada hutan tropis daratan. Oleh karenanya, keberadaan hutan mangrove bakal berkontribusi besar terhadap perubahan iklim dunia.

"Sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon dan ini meneguhkan komitmen kita terhadap Paris Agreement, terhadap perubahakan iklim dunia," tukasnya.

Usai menanam bibit mangrove di Pantai Raja Kecil, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Presiden Jokowi menyempatkan diri menelusuri jembatan menjulang panjang di bibir pantai. Jembatan tersebut dibangun sebagai daya tarik wisatawan.

BERITA TERKAIT