test

Suara Pilkada

Selasa, 28 September 2021 10:50 WIB

Cegah Malaria, Kemenkes Fogging Seluruh Venue PON XX Papua

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Kemenkes).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan melakukan fooging atau penyemprotan insektisida untuk membunuh nyamuk-nyamuk di seluruh venue penyelenggaraan PON XX Papua.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk pengendalian malaria yang masih menjadi penyakit endemik di Papua.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Papua menjadi penyumbang kasus malaria terbesar yakni 86%. Terdapat empat daerah di Papua yang endemik malaria yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika dan Merauke.

"Dalam dua minggu terakhir, Kemenkes bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Papua telah melakukan fogging di seluruh venue atau tempat pertandingan PON XX," kata Budi dalam Rapat Tingkat Menteri Penyelenggaraan PON XX, Senin (27/9/2021).

"Fogging dilakukan di seluruh venue, termasuk tempat tinggal para atlet. Ini untuk memastikan agar semua lokasi bersih dari vektor nyamuk yang dapat menularkan malaria," tukasnya.

Sebagai informasi, pekan olahraga nasional (PON) XX Papua akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober mendatang, dan berlangsung sampai dengan 15 Oktober 2021. Meski begitu, terdapat beberapa pertandingan yang telah diselenggarakan dalam ajang tersebut.

BERITA TERKAIT