test

Kesehatan

Minggu, 22 Maret 2020 08:15 WIB

Atasi Virus Corona, Pesawat Hercules TNI AU Siap Angkut Bantuan Medis dari Tiongkok

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Satu pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU) terbang dari Bandara Internasioal Pudong, Shanghai, Tiongkok, mengangkut sembilan ton peralatan medis bantuan dari berbagai pihak di Tiongkok untuk mengatasi wabah virus corona (atau COVID-19 di Tanah Air.

Pesawat angkut militer tersebut tinggal landas dari salah satu bandara internasional di pinggiran kota terbesar di China tersebut Minggu (22/03/2020) dini hari, sekitar pukul 00.40 waktu setempat atau Sabtu tengah malam, pukul 23.40 WIB dengan terlebih dulu transit di Sanya, Provinsi Hainan, sebelum melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

Seluruh bantuan dari Tiongkok untuk Indonesia akan diangkut dari Shanghai dan Guangzhou, Provinsi Guangdong.

Pesawat Hercules C-130 siap angkut 9 ton peralatan medis. (Foto: IST)

"Beijing saat ini sedang dalam perhatian. Maka semua bantuan nanti akan diterbangkan dari Shanghai dan Guangzhou," terang Dubes didampingi Wakil Kepala Perwakilan Indonesia di Beijing Dino Kusnadi.

Seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19 dari luar Tiongkok melalui Beijing, maka pesawat-pesawat yang mengangkut penumpang berkewarganegaraan asing pendaratannya akan dialihkan ke beberapa kota. Misalnya, Tianjin, Hohhot (Provinsi Mongolia Dalam, red), dan Taiyuan (Provinsi Shanxi), termasuk pesawat kargo internasional.

Masih dari keterangan Dino, peralatan kesehatan bantuan dari berbagai pihak, di antaranya Inacham dan Tsingshan Charity Foundation, itu berupa masker, pelindung wajah, kacamata, baju pelindung petugas kesehatan, dan alat tes COVID-19.
Bantuan sembilan ton itu merupakan tahap pertama lantaran masih ada bantuan lain dari Tiongkok yang diperkirakan lebih dari 20 ton masih menunggu armada pengangkut. (FER)

BERITA TERKAIT