test

Politik

Rabu, 8 September 2021 16:35 WIB

Corona Varian Mu Muncul, DPR: Pemerintah Harus Buat Langkah Antisipasi

Editor: Ferro Maulana

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nihayatul Wafiroh. (Foto: DPR)

PMJ NEWS - Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah memperketat pengawasan terhadap arus masuk orang dari luar negeri menyusul munculnya virus Covid-19 varian Mu (B1621) yang diduga lebih kebal terhadap vaksin.

“Pemerintah harus segera membuat langkah-langkah antisipasi agar varian Mu tidak masuk ke Indonesia,” ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nihayatul Wafiroh, Rabu (8/9/2021).

“Untuk mencegah imported case, pemerintah harus memperketat pengawasan mobilitas orang baik dalam maupun luar negeri,” katanya lagi.

Untuk diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan varian Mu sebagai variant of Interest (VoI) dan  telah menyebar di 40 negara, termasuk di Asia seperti Korea Selatan, Hong Kong, serta Jepang.

Di kesempatan yang sama, Nihayatul berpesan kepada pemerintah, agar menjadikan pengetatan mobilitas orang dari luar negeri sebagai fokus utama perhatian.

“Protokol kesehataan dan screening di bandara, pelabuhan maupun pintu-pintu masuk kedatangan orang dari luar negeri harus dipastikan berjalan dengan baik dan pengawasannya harus ekstra ketat,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT