test

News

Selasa, 7 September 2021 14:20 WIB

Cegah Virus Mu Masuk Indonesia, Kemenhub Bakal Perketat Bandara

Editor: Hadi Ismanto

Bandara Soekarno Hatta. (Foto: PMJ News/Hadi).

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah varian baru Covid-19, varian Mu masuk ke Indonesia. Salah satunya dengan melakukan pengendalian di bandara internasional.

"Untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, perlu dilakukan pengendalian di simpul-simpul transportasi yang melayani rute internasional yakni di bandara maupun pelabuhan internasional," jelas Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Selasa (7/9/2021).

Menurut Menhub Budi, dalam waktu dekat pihaknya menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait untuk membahas pencegahan virus Mu ini. Khususnya dengan Kementerian Luar Negeri, KKP Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19, dan Ditjen Imigrasi.

"Koordinasi ini untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru Covid-19," ujarnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Dok Net).
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Dok Net).

Budi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan agar waspada terhadap adanya varian baru Covid-19 (varian Mu atau B.1.621).

"Sesuai arahan bapak Presiden Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya," tukasnya.

Selain itu, lanjut Budi, Kemenhub juga akan melakukan koordinasi TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan. Bahkan, pihaknya meminta pendapat para ahli epidemiologi dan mencari informasi tentang pengalaman negara lain.

BERITA TERKAIT