test

News

Selasa, 7 September 2021 09:07 WIB

Kemenkes Pastikan Virus Corona Varian Mu Belum Masuk Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Wamenkes, dr Dante Saksono. (Foto:PMJ News/YouTube BNPB)

PMJ NEWS - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono memastikan virus Corona varian Mu hingga kini belum terdeteksi di Indonesia. Kesimpulan tersebut diambil setelah pengetesan ribuan sampel.

"Kita sudah melakukan genom sekuencing terhadap 7.000-an orang di seluruh Indonesia dan belum terdeteksi adanya varian Mu," jelas Dante dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/9/2021).

Menurut Dante, virus Corona varian Mu pertama kali dilaporkan di Kolombia pada Januari dan di Ekuador pada Mei. Secara laboratorium varian Mu mempunyai resistensi terhadap vaksin.

"Tapi, itu dalam konteks laboratorium, tidak dalam konteks epidemiologis," ujarnya.

Dante menyebut semakin lama pandemi berlangsung dan kasus berkembang, virus akan terus melakukan mutasi dan modifikasi. Ia mengharapkan varian Mu itu abortif seperti juga varian Lambda yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Peru.

"Varian Delta baru saja kita alami, sekarang sudah ada varian Mu. Mudah-mudahan ini akan abortif, seperti juga varian Lambda beberapa waktu yang lalu di Peru," ucapnya.

Menyikapi menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, kata Dante, kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat ketahanan medis di dalam negeri.

"Menurunnya kasus yang ada di tempat kita bukan membuat kita menjadi terlena, akan tetapi inilah saatnya kita melakukan penguatan terhadap ketahanan medis," tuturnya.

BERITA TERKAIT