test

Kesehatan

Selasa, 31 Maret 2020 12:22 WIB

Miracle, Bayi 4 Bulan yang Terpapar Virus Corona Kondisinya Semakin Membaik

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Kondisi bayi berusia empat bulan yang dinyatakan sempat positif virus corona (Covid-19), sekarang kondisinya semakin membaik.

Bayi ini pun tinggal menunggu hasil tes swab. Bila hasilnya negatif, bayi tersebut bisa diizinkan pulang.

“Kondisinya berangsur-angsur membaik. Hari ini kita akan evaluasi rontgen,” terang Direktur Utama RSUD Wates, dr Lies Indriyati kepada wartawan, Selasa (31/03/2020).

Tim kedokteran juga masih menunggu hasil tes swab yang telah dilakukan. Jika hasilnya negatif, bayi laki-laki yang baru berusia empat bulan ini pun dinyatakan sembuh.

“Kalau hasilnya nanti negatif maka bayi ini dinyatakan sembuh dan sudah bisa pulang,” ungkapnya menegaskan.

Sebelumnya, RSUD Wates telah mengirimkan uji sampel ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Namun, hingga saat ini hasilnya belum keluar. Kondisi ini tidak lepas dari banyaknya antrean uji laboratorium dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kita masih menunggu antrian, katanya masih seratus berapa gitu,” sambungnya.

Untuk diketahui, bayi ini dirawat di RSUD Wates sejak Selasa (17/03/2020) dengan keluhan demam dan sesak napas.

Sebelumnya, bayi ini baru saja pulang dari salah satu kota di Jawa Tengah yang ditemukan kasus corona positif. Bayi ini langsung ditempatkan di ruang isolasi dan dirawat dengan standar virus corona.

RSUD Wates saat ini masih merawat empat pasien dalam pengawasan (PDP). Keempatnya ditempatkan di ruang isolasi dan kondisinya cukup stabil.

"Mereka masih harus menunggu hasil uji swab. Sementara dua PDP lainnya dirawat di RSUD Panembahan Senopati, Bantul, dan RS Panti Rapih, Yogyakarta," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami.

"Meski ada dua yang dirawat di luar Kulonprogo, tetapi masuk dalam pendataan kita,” lanjutnya.

Hingga sekarang, tercatat ada 159 orang dalam pemantauan (ODP). Sebagian besar merupakan pemudik, dari pendataan sudah mencapai 3.000 orang lebih. (Foto: IST/ FER)

BERITA TERKAIT