test

News

Selasa, 24 Agustus 2021 09:07 WIB

Menko Luhut: Pelonggaran PPKM Tingkatkan Mobilitas Warga

Editor: Hadi Ismanto

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Pemerintah melakukan sejumlah penyesuaian dan pelonggaran dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan ini meningkatkan mobilitas masyarakat.

"Penyesuaian beberapa pekan ini telah berdampak kepada kenaikan mobilitas masyarakat," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (23/8/2021) malam.

Luhut menjelaskan, hal tersebut terdeteksi dari data yang dimiliki Google dan menunjukan peningkatan mobilitas yang signifikan. Dia menggambarkan dua sisi yang perlu diantisipasi.

"Satu sisi ini positif karena pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat berjalan cepat. Namun di sisi lain meningkatnya mobilitas berpotensi peningkatan kasus jadi kita harus berhati-hati," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan menurunkan level PPKM di sejumlah wilayah aglomerasi di Pulau Jawa dan Bali, serta sejumlah kabupaten kota lainnya dari level 4 ke level 3.

Hal tersebut mencakup aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, serta sejumlah wilayah kota dan kabupaten lainnya mulai 24-30 Agustus 2021.

Sementara itu untuk wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali juga mengalami perkembangan yang membaik meskipun tetap harus diwaspadai potensi kenaikannya.

BERITA TERKAIT