test

Kesehatan

Senin, 13 April 2020 13:54 WIB

Lima Pekan Lagi Akan Terjadi Puncak Penyebaran Virus Corona di Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: DOk Net/ Ist)

PMJ - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni  Monardo menjelaskan puncak penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia diperkirakan 5-6 Minggu mendatang.

Doni mengatakan hal itu dalam rapat  terbatas dengan Presiden Joko Widodo, hari ini Senin (13/04/2020).

Lebih jauh, dirinya menyebut, mengantisipasi puncak penyebaran penyakit tersebut, pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas penyebaran tes virus corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR) melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Masih dari keterangannya, sekarang terdapat 18 unit PCR yang bisa melakukan 9.000 tes per hari. Tetapi, masih perlu reagen untuk memaksimalkan pemeriksaan SARS-CoV-2.

Sejauh ini Gugus Tugas Covid-19 telah menerima bantuan dari pihak swasta bekerja sama dengan BUMN, serta dukungan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk memanfaatkan bantuan dari Beijing Institute untuk meningkatkam pemeriksaan PCR di Tanah Air.

Selain hal di atas, Doni juga menyinggung ketersediaan pangan selama wabah Covid-19. Ia menjelaskan, Kementan memastikan bahwa persediaan pangan aman untuk tiga sampai empat bulan ke depan. Beberapa kebutuhan pokok sehari-hari sempat mengalami kenaikan harga, namun harga beberapa komoditi juga sudah stabil.

Dalam kesempatan tersebut, Doni juga menjelaskan perihal dualisme angkutan ojel online (ojol) dalam mengangkut penumpang antara Kemenhub dan Kemenkes.

Menurutnya, Plt Menteri Perhubungan Luhut Pandjaitan sudah melapor kepada Presiden bahwa ojol mengakut penumpang hanya efektif saat program bantuan sosial untuk pandemi Covid-19.

“Jadi setelah program bansos, maka permenhub akan menyesuaikan. Jadi, kita tetap mengacu pada permenkes yang mengatur soal Physical Distancing, menjaga jarak jadi prioritas utama," tutupnya. (FER).

BERITA TERKAIT