test

News

Minggu, 15 Agustus 2021 16:04 WIB

Jokowi Minta Biaya Tes PCR Diturunkan dan Hasilnya Keluar Dalam Waktu Cepat

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Presiden Joko Widodo. (YouTube Setpres).

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo memberikan perintah kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengubah harga tes swab polymerase chain reaction (PCR) hingga berkisar antara Rp450-550 ribu.

"Saya telah berbicara dengan Menteri Kesehatan terkait dengan hal ini dan meminta agar tes PCR berada di kisaran harga Rp450 ribu sampai dengan Rp550 ribu," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8/2021).

Selain itu, Jokowi juga meminta agar hasil tes swab PCR dapat keluar lebih cepat yakni maksimal sekitar 1x24 jam. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, salah satu cara untuk menangani pandemi Covid-19 yaitu dengan meningkatkan testing. Sementara untuk meningkatkan testing, bisa dilakukan dengan cara menurunkan harga tes swab PCR.

"Kemudian, saya meminta tes PCR dapat diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, ramai di media sosial yang membahas soal perbandingan harga tes swab PCR di Indonesia dengan India. 

Dikutip dari laman India Today, pemerintah India memutuskan untuk menurunkan harga tes untuk mendeteksi virus Covid-19. Adapun harga yang ditetapkan untuk tes PCR di India mengalami penurunan dari 800 rupee atau Rp150 ribu kemudian menjadi 500 rupee atau Rp96 ribu saja. 

Sementara, di Indonesia, Kementerian Kesehatan menetapkan harga tes swab PCR secara mandiri sebesar Rp900 ribu. Setelah sebelumnya banyak pihak yang komplain terkait dengan pemasangan tarif PCR yang sangat mahal bahkan diatas Rp1 juta.

BERITA TERKAIT