test

News

Kamis, 5 Agustus 2021 19:05 WIB

Penuhi Kebutuhan, Menkes: Pemerintah Bangun Pabrik Baru Oksigen Medis

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin memastikan pemerintah terus berupaya meningkatkan produksi oksigen untuk medis. Salah satunya dengan membuat pabrik-pabrik yang memproduksi oksigen skala kecil.

"Kita di pemerintah melihat kebutuhan yang tinggi sekali kemudian berusaha meningkatkan jumlah produksi oksigen untuk bisa melayani pasien kita yang sakit," jelas Budi yang disiarkan virtual, Kamis (5/8/2021).

Menurut Budi, oksigen yang diproduksi itu bisa dipasang di sebelah tempat tidur rumah sakit. Bahkan, apabila dibutuhkan bisa dipakai di rumah pasien yang terkena Covid-19 dengan kapasitas 5 sampai 10 liter per menit.

Pada kesempatan yang sama, Budi juga menyampaikan pemerintah dalam proses mengadakan 50 ribu oksigen konsentrator. Di mana setiap 1.000 oksigen konsentrator setara dengan 20 ton per hari.

Sehingga, lanjut Budi, dengan 50 ribu ini bisa disetarakan dengan 1.000 ton per hari produksi pabrik-pabrik oksigen kecil di setiap tempat tidur atau rumah.

"Saya di awal sudah bilang pandemi ini terlampau besar untuk bisa diselesaikan sendiri. Ini hanya bisa diselesaikan bersama-sama," tukasnya.

BERITA TERKAIT