test

News

Selasa, 3 Agustus 2021 10:20 WIB

Dukung Perpanjangan PPKM Level 4, Wagub DKI Berharap Kasus Covid-19 Turun

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Polda Metro Jaya saat melaksanakan PPKM Darurat dan Level 4. (Foto: PMJ News/Yeni).

PMJ NEWS - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria berharap keputusan pemerintah untuk memperpanjang PPKM selama satu pekan hingga 9 Agustus 2021 berdampak pada pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

"Kami sangat mendukung dan akan menjalankan kebijakan ini. Mudah-mudahan kebijakan yang akan dilaksanakan sampai tanggal 9 Agustus nanti memberikan efek penurunan angka kasus Covid-19 secara signifikan," kata Riza melalui keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Riza menyebut, kondisi Jakarta saat ini mengalami perbaikan sesuai dengan data penambahan kasus positif harian yang semakin sedikit yakni sekitar 1.410 kasus, sehingga total kasus positif Covid-19 mencapai 818.764 dan tingkat kematian sekitar 154 kasus.

"Kemudian untuk tingkat kesembuhan meningkat hingga 96,7 persen dan angka kematian semakin menurun," lanjutnya.

Lebih lanjut, Riza juga mengungkap perihal keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) sebanyak 56 persen dan ICU yang turun hingga 79%. Capaian penurunan dalam data tersebut menurutnya merupakan hasil kerjasama seluruh elemen, khususnya dalam melaksanakan percepatan vaksinasi.

Kendati demikian, ia meminta kepada seluruh pihak agar tidak terlena dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Terlebih, Jakarta sempat mengalami kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang sangat baik, namun dalam waktu singkat mengalami kenaikan kasus secara drastis.

"Kami minta seluruh masyarakat jangan berpuas diri dulu, jangan senang dulu. Sekalipun semakin baik, kita harus tetap berhati-hati," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan ini berlaku hingga 9 Agustus 2021 untuk daerah yang menerapkan PPKM level 4.

Presiden menyebut penerapkan PPKM Level 4 pada 26 Juli-2 Agustus telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding sebelumnya. Di antaranya angka kasus Covid-19 harian hingga persentase tempat tidur untuk perawatan pasien.

BERITA TERKAIT