test

News

Rabu, 30 Juni 2021 10:32 WIB

Disiplin Prokes Masyarakat Sangat Penting Guna Menekan Kenaikan Covid-19

Editor: Fitriawan Ginting

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).

PMJ NEWS - Penyebaran Covid-19 di Indonesia terus alami kenaikan. Situasi ini harus terus diantisipasi dengan menegakkan protokol kesehatan. Masyarakat luas diingatkan untuk selalu disiplin menjaga kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Situasi dan kondisi Indonesia saat ini bisa disebut sebagai gelombang kedua (second wave), yang mana kenaikan mencapai 381 persen atau hampir 5 kali lipat pada 21 Juni 2021. Diterangkan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, masyarakat memiliki tanggungjawab besar dengan aturan yang sudah ditetapkan, khususnya skenario pengendalian yang ditegakkan oleh unsur masyarakat terutama dilingkungannya sendiri melalui aturan RT sampai RW sampai tokoh masyarakat.

"Harus terus menegakkan protokol kesehatan secara baik. Harus disiplin untuk melindungi diri sendiri dari virus ini dan juga melindungi keluarga serta lingkungan,"kata Wiku  Selasa (29/6/2021).

Wiku menambahkan, peran masyarakat sangat penting dalam melaksanakan testing dan tracing Covid-19 massal yang dilakukan satuan Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Masyarakat diminta untuk komunikatif dengan aparat di tingkatan desa, mulai dari puskesmas sampai ke tingkat kelurahan terkait pemantauan pelaksanaan karantina atau isolasi mandiri maupun saat perawatan. Demi membantu tingkat penyembuhan kepada warga yang terpapar.

"Masyarakat memiliki peran besar dalam menekan penyebaran Covid-19. Komunikasi masyarakat dengan aparat yang bertugas harus baik dalam penanggulangan penyebaran Covid-19. Termasuk dalam hal pertawan di tingkat puskesmas sampai RSUD setempat,” tandas Wiku.

“Kita ucapkan terimakasih kepada masyarakat luas yang membantu melakukan penekanan sekaligus mengendalikan penyebaran Covid-19, untuk Indonesia sehat dan kembali normal seperti sebelumnya,” tutup Wiku.

BERITA TERKAIT