test

Kesehatan

Minggu, 27 Juni 2021 15:37 WIB

Tips Mencegah Penyebaran Covid-19 Saat di Mobil

Editor: Hadi Ismanto

Jika penumpang dalam mobil cukup banyak atau lebih dari dua orang di tengah pandemi akan beresiko penularan Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Menerapkan jaga jarak saat berada di dalam mobil memang cukup sulit. Jika penumpang dalam mobil cukup banyak atau lebih dari dua orang di tengah pandemi akan beresiko penularan Covid-19.

Apalagi mobil berukuran kecil dengan tingkat ventilasi udara yang sangat sedikit, meskipun umumnya mobil memakai pendingin ruangan dengan jendela dan pintu tertutup rapat.

Seperti dilansir dari USA Today, Minggu (27/6/2021), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di dalam mobil.

Ketika jendela ditutup, virus corona dalam partikel aerosol halus menumpuk di kabin mobil. Ketika seseorang batuk, konsentrasi meningkat tanpa terjadi pengenceran yang signifikan.

Tetapi, membuka satu jendela hanya 10 cm dapat mencegahnya. Saat berada di dalam mobil baik itu kendaraan sendiri, dengan orang lain, atau taksi, disarankan sama saja buka jendela sedikit saja. Ini berlaku meskipun semua orang merasa sehat.

Jika menggunakan AC dan ingin menutup jendela, pastikan mobil tidak dalam mode sirkulasi udara. Pilihlah mode yang membawa udara segar di luar ruangan.

Selain itu, meminta semua orang di dalam mobil memakai masker juga dapat membantu dan merupakan keharusan di dalam taksi atau kendaraan berbagi tumpangan.

Terakhir, mengalirkan lebih banyak udara luar hanya menangani transmisi udara. Ada banyak permukaan kontak tinggi di dalam mobil tempat tetesan droplet jatuh, jadi cuci tangan setelah perjalanan.

BERITA TERKAIT