test

News

Minggu, 13 Juni 2021 20:15 WIB

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Satgas Buka Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran

Editor: Hadi Ismanto

RSD Wisma Atlet. (Foto: PMJ News/Istimewa).

PMJ NEWS - Guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di wilayah DKI Jakarta, pemerintah akan membuka Tower 8 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Untuk mengatasi peningkatan kasus di DKI dan daerah penyangga, pemerintah akan membuka tower 8 untuk perawatan pasien tanpa gejala,” ungkap Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito dalam konferensi pers daring, Minggu (13/6/2021).

Ganip menjelaskan, saat ini menara tersebut digunakan sebagai tempat istirahat tenaga kesehatan. Setelah diaktifkan menjadi ruang perawatan, para tenaga kesehatan akan dipindahkan ke hotel terdekat.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito. (Foto : PMJ News/Tim Komunikasi Satgas Covid-19).
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito. (Foto : PMJ News/Tim Komunikasi Satgas Covid-19).

Pembukaan tower baru di Wisma Atlet Kemayoran ini, lanjut dia, akan menambah kapasitas hingga 1.572 tempat tidur.

Selain membuka tower baru, pemerintah akan menambah jumlah pasien di setiap kamar rumah sakit darurat, dari dua menjadi tiga tempat tidur.

Upaya itu diperkirakan akan bisa menambah 2.000 tempat tidur. Dengan demikian, total kapasitas rumah sakit darurat akan menjadi 9.566 tempat tidur, dari tadinya sekitar 5 ribuan.

Sebelumnya, Ganip bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka fasilitas isolasi untuk pasien tanpa gejala di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara.

Lima menara dengan 16 lantai akan dipakai untuk perawatan pasien. Daya tamping pasien di rusun ini diperkirakan mencapai 2.550 tempat tidur.

BERITA TERKAIT