test

News

Kamis, 27 Mei 2021 11:20 WIB

Jelang Vonis, Polisi Amankan 21 Simpatisan Rizieq Shihab di PN Jaktim

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Polisi mengamankan puluhan simpatisan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, pada Rabu (26/5/2021) malam.

“Tadi malam sekitar pukul 21.30 WIB ada yang datang ke PN Jakarta Timur dan kami akhirnya mengamankan semuanya untuk diperiksa lebih lanjut,” ungkap Kapolres Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan, Kamis (27/5/2021).

Erwin melanjutkan, ada sekitar 21 orang yang diamankan, yang mana 15 di antaranya berusia di bawah 17 tahun. Sampai dengan saat ini, seluruh simpatisan Rizieq Shihab masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polres Jakarta Timur.

“21 orang (yang diamankan), yang berusia di bawah 17 tahun ada sekitar 15 orang dan 6 orang lainnya sudah dewasa. Mereka masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Jakarta Timur,” imbuhnya.

Lebih lanjut, para simpatisan yang diamankan ini tidak menggunakan atau membawa atribut apapun. Mereka datang ke PN Jakarta Timur karena mendapatkan ajakan dari seseorang, dikarenakan ada agenda pengajian yang akan dilakukan jelang sidang vonis Rizieq Shihab.

“Tadi malam mereka datang tanpa bawa atribut, tapi memang menggunakan baju koko biasa. Pengakuannya datang atas petunjuk seseorang untuk menghadiri kegiatan semacam pengajian dengan lokasi di PN Jaktim. Tentunya, ini kita intesifkan, kita interogasi dan lakukan swab antigen ke mereka karena jumlahnya juga banyak dan mereka ini naik satu angkutan umum,” lanjut Erwin.

“Kita tentunya khawatir karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, makanya kita pertimbangkan untuk tambah pengamanan dari pagi ini sampai dengan sore nanti,” sambungnya.

Dalam pengamanan sidang vonis Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur ini, terdapat 2.300 personel gabungan yang disiapkan. Ribuan personel tersebut dibagi ke dalam tiga ring dan akan melakukan random test antigen kepada massa yang datang ke lokasi.

BERITA TERKAIT