test

News

Senin, 24 Mei 2021 14:20 WIB

Ada Kasus Vaksinasi Ilegal, Satgas Minta Dinkes Perketat Pengawasan

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

PMJ NEWS - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito meminta Dinkes untuk memperketat pengawasan vaksinasi di setiap daerah. Hal ini menyusul adanya penjualan vaksin secara ilegal oleh dokter asal Sumatera Utara berinisial IW.

"Iya pengawasan ini dilakukan oleh Dinkes sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, yaitu Kemenkes," ujar Wiku saat dikonfirmasi, Senin (24/5/2021).

Pada kesempatan yang sama, Wiku memberikan apresiasi kepada kepolisian yang berhasil mengungkap kasus tersebut. Adanya kasus vaksin ilegal ini, kata dia, menjadi pemantik bagi setiap daerah untuk mengawasi jalannya proses vaksinasi.

"Kita harus mengapresiasi pihak yang turut serta mendalami dan akhirnya menemukan sindikat oknum pelaksana vaksinasi ilegal. Kejadian ini dapat menjadi pemantik bagi daerah lainnya untuk turut serta mengawasi pelaksanaan vaksinasi yang terdaftar resmi," tuturnya.

Selain itu, Wiku berharap masyarakat lebih selektif dengan adanya kasus vaksin ilegal tersebut. "Kejadian ini dapat menjadi alarm bagi masyarakat untuk bisa selektif memilih penyelenggara vaksinasi yang kredibel," tuturnya.

Sebagai informasi, Polda Sumut mengungkap kasus vaksinasi Covid-19 ilegal. Polisi mengamankan empat orang dan telah menetapkan mereka menjadi tersangka. Dari pemeriksaan terungkap sindikat ini melancarkan aksinya mulai April hingga Mei 2021.

BERITA TERKAIT