News

Kamis, 15 April 2021 21:04 WIB

Berasal dari Pekerja Migran, Virus B1525 Ditemukan di Batam

Editor: Ferro Maulana

Kedatangan pekerja migran Indonesia di Batam. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Dinkes Riau) menerangkan, Covid-19 varian baru yaitu B1525, ditemukan di Batam dari pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia yang pulang ke Tanah Air.

Kepala Dinkes Kepri Bisri di Tanjungpinang, menjelaskan kasus Covid-19 yang bermutasi menjadi B1525 terungkap usai dilakukan penelitian terhadap seorang pasien berstatus sebagai PMI di Negeri Jiran yang kembali ke Tanah Air melalui Batam sekira dua bulan lalu.

"Dari hasil penelitian, ternyata pasien tersebut terinfeksi BI525, namun tidak menyebar luas," ungkap Bisri, Kamis (15/4/2021).

Adapun PMI tersebut berangkat dari Malaysia menuju Batam dengan menggunakan kapal feri. Menurut hasil penelusuran, tidak ditemukan orang-orang yang kontak dengan pasien tersebut.

Bisri melanjutkan, pasien itu bergejala ringan sehingga tidak perlu dirawat. Pasien tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah singgah di Batam sebelum kembali ke kampung halamannya. "Pasien itu sudah sembuh," ceplosnya menegaskan.

Sementara itu, Bisri belum dapat memastikan apakah ada pasien lainnya di Kepri yang terinfeksi B1525 atau varian baru lainnya.

"Mudah-mudahan tidak ada penambahan kasus lagi. Kami berharap masyarakat perketat protokol kesehatan ya," imbaunya menutup pembicaraan.

BERITA TERKAIT