test

News

Sabtu, 22 Mei 2021 19:07 WIB

Polisi Sebut 380 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. (Foto ; PMJ/Yenni).

PMJ NEWS -  Polda Metro Jaya mencatat ada sekitar 58.601 pemudik yang kembali datang ke wilayah DKI Jakarta telah menjalani tes swab antigen. Mereka melakukan swab antigen di 14 titik pos yang disediakan terhitung sejak 16-21 Mei 2021.

Dijelaskan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, dari puluhan ribu warga yang menjalani swab antigen tersebut, sebanyak 380 orang terpapar Covid-19.

"Dari 58.601 pemudik tercatat sekitar 380 orang reaktif Covid-19 atau positif, sementara sisanya itu non-reaktif," ungkap Yusri saat dikonfirmasi, hari ini Sabtu (22/5/2021).

Yusri menjelaskan ratusan warga tersebut kini tengah menjalani isolasi mandiri di beberapa tempat yang ditentukan. Sebanyak 65 orang diketahui tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet.

"191 orang menjalani isolasi mandiri di rumah, kemudian 65 dirujuk ke wisma atlet, dan 124 orang lainnya menjalani isolasi di tempat rujukan lain," sambungnya.

"Untuk rujukan lainnya ini diberikan khusus kepada warga yang bukan berasal dari DKI Jakarta. Jadi misalnya, jika rumahnya di Lebak, Banten, maka kita berkoordinasi dengan satgas Covid-19 Lebak untuk dijemput agar yang bersangkutan menjalani isolasi," imbuh Yusri.

Dalam hal ini, Yusri pun menegaskan pihaknya sudah melakukan upaya maksimal seperti menggelar swab antigen gratis dan mendatangi rumah warga yang mudik untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

"Polsek-polsek pun turut menyediakan layanan swab antigen gratis. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai serta mengantisipasi lonjakan positif rate Covid-19 pasca libur Lebaran 2021," pungkasnya.

BERITA TERKAIT