test

News

Selasa, 4 Agustus 2020 10:12 WIB

Korlantas: Arus Balik Idul Adha 1441 H Berjalan Aman dan Lancar

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono (Foto: PMJ/Istimewa)

PMJ - Arus balik libur hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah berjalan aman dan relatif lancar. Kondisi iini disebabkan upaya pengaturan dan imbauan terus dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas.

Kendati begitu, terdapat sejumlah titik kepadatan terutama di pertemuan antara Tol Cipularang dan Cipali di Kilometer 65. Akan tetapi kendaraan masih dapat bergerak.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono menyebut lancarnya arus lalu lintas karena pihaknya menerapkan empat strategi utama. Pertama dilakukan pengalihan truk besar yang akan melewati jalan tol ke jalan arteri atau jalan nasional.

Pengalihan dimulai dari perbatasan Tol Jatim, Jateng, dan pintu keluar Tol Jateng. Dengan demikian dipastikan di pintu keluar Tol Kanci tidak ada kendaraan besar yang melewati jalur tol.

"Oleh karenanya, diterapkan contra flow dari km 65 sampai dengan km 47 arah Jakarta," ujar Istiono saat melakukan pengecekan arus balik, Senin (3/8/2020).

Strategi kedua, dengan memberlakukan sistem buka tutup rest area apabila sudah memenuhi kapasitas kendaraan pada setiap 2 jam. Adapun pemberlakuan buka tutup ini sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan.

Di samping itu dengan pembatasan jumlah kendaraan yang masuk, bisa mencegah terjadinya kerumunan di kawasan rest area serta jalur masuknya yang kerap kali menimbulkan antrean panjang.

Ketiga, pemasangan papan informasi kapasitas rest area juga dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan di tempat istirahat tersebut. Bukan hanya itu, untuk memantau kapasitas rest area, pihaknya menempatkan para petugas tol di masing masing rest area.

"Keempat, secara terus menerus dilakukan patroli oleh jajaran Kepolisian agar tidak ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol. Untuk itu, kesiapsiagaan penuh jajaran telah dilakukan pada pengamanan arus balik ini," tuturnya.

Istiono pun mengapresiasi para pemudik yang telah mematuhi imbauan petugas apabila merasa lelah untuk segera beristirahat di rest area. "Tidak memaksakan diri untuk terus jalan. Keselamatan adalah hal yang utama," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT