test

Kesehatan

Sabtu, 22 Mei 2021 22:01 WIB

Mumpung Akhir Pekan, Lima Aktivitas Ini Ampuh Bakar Kalori

Editor: Hadi Ismanto

Lompat tali dan trampolin bisa membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan. (Foto: Kolase PMJ News).

PMJ NEWS - Setiap orang, terutama kaum perempuan tentu mengidamkan berat badan ideal. Bahkan terkadang segala cara ditempuh untuk mewujudkannya, salah satunya aktivitas yang dapat membakar kalori.

Tak perlu olahraga berat, ternyata ada aktivitas menyenangkan dan mudah yang efektif membakar kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Seperti dilansir laman Times of India, Sabtu (22/5/2021), berikut lima aktivitas rumahan yang dapat dikerjakan di saat akhir pekan untuk membakar kalori tubuh.

1. Lompat Tali
Lompat tali adalah bentuk latihan seluruh tubuh yang sangat baik. Ini membantu mengencangkan kaki, lengan, inti, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membangun stamina.

Untuk orang yang memiliki berat badan sedang, lompat tali dapat membantu membakar lebih dari 10 kalori per menit.

2. Melompat dengan Trampolin
Melompat di atas trampolin melibatkan otot seluruh tubuh dan membantu membakar lemak dengan cepat. Selain itu juga memberikan tekanan rendah pada persendian dan mengencangkan setiap bagian termasuk kaki, paha, lengan, pinggul, serta perut.

Ini mungkin sangat bermanfaat bagi orang gemuk dan mereka yang berurusan dengan masalah persendian karena kelebihan berat badan.

Selain itu, melompat di atas trampolin yang juga dikenal sebagai rebound membantu meningkatkan keseimbangan, kelincahan, dan meredakan nyeri punggung. Ini dapat membantu Anda membakar 100 hingga 150 kalori dalam 10 menit.

3. Bersepeda
Banyak orang memilih bersepeda selama pandemi covid-19 ketika semua gym dan pusat kebugaran ditutup. Aktivitas ini membantu mengencangkan otot, memperkuat tulang, serta menurunkan berat badan.

Menurut ilmuwan dari Universitas Harvard, bersepeda dengan kecepatan sedang 12 hingga 13,9 mil per dapat membantu membakar 298 kalori dalam 30 menit. Mulailah perlahan dan jelajahi medan yang berbeda untuk hasil maksimal.

4. Tinju
Jika ingin memicu adrenalin sekaligus membakar kalori, cobalah tinju. Aktivitas fisik yang tidak terlalu konvensional ini sangat baik untuk tulang dan otot.

Tinju adalah latihan kardio berdampak tinggi yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori daripada jenis latihan kardiovaskular lainnya.

Satu jam sesi tinju dapat membantu membakar 400 hingga 500 kalori untuk orang dengan berat badan 75 sampai 80 kilogram. Selain itu, bisa membantu memperkuat tulang, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tangan serta mata.

5. Bermain Hula Hoop
Memutar-mutar hula hoop adalah latihan yang luar biasa untuk mengencangkan pinggul, membakar kalori, memperkuat otot inti, dan meringankan suasana hati Anda.

Untuk memaksimalkan manfaat dari sesi memutar-mutar, bisa menggunakan hula hoop berbobot. Jenis hula hoop ini sedikit lebih besar dan lebih berat daripada yang tradisional tetapi lebih menantang.

Menurut American Council on Exercise, hula hooping dengan intensitas rata-rata dapat membantu membakar 400 kalori per jam. Melakukan aktivitas ini bahkan selama 15 menit setiap hari dapat memperkuat otot jantung dan akhirnya menurunkan tekanan darah.

BERITA TERKAIT