test

News

Jumat, 7 Mei 2021 13:50 WIB

Hari Pertama Penyekatakan Mudik, 1.258 Kendaraan Gagal Keluar Jakarta

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Penyekatan mudik di Tol Cikupa. (Foto : Dok PMJ).

PMJ NEWS - Penyekatan jalur terkait larangan mudik Lebaran pada hari pertama, Kamis (6/5/2021) kemarin berjalan dengan lancar di sejumlah titik, salah satunya di gerbang tol (GT) Cikupa dan Cikarang Barat.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, pelaksanaan penyekatan mudik Lebaran di hari pertama, terdapat ribuan kendaraan pribadi dan umum yang diputarbalikan oleh pihak kepolisian.

“Mulai dari pukul 00.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB Kamis (6/5/2021) kemarin total kendaraan yang diputarbalikan ada sekitar 1.258 kendaraan,” ungkap Kombes Pol Sambodo Purnomo, Jumat (7/5/2021).

Sambodo mengatakan, data tersebut berasal dari 31 titik penyekatan yang terdiri dari 17 lokasi check point dan 14 titik penyekatan yang telah tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Data tersebut didapatkan dari 31 titik yang terdiri dari 14 titik penyekatan dan 17 lokasi check point, dengan rinciannya jumlah sepeda motor mencapai 118 kendaraan, 954 kendaraan mobil penumpang, dan 175 bus,” sambungnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, aparat kepolisian yang berjaga di titik penyekatan sudah memahami seluruh modus yang kerap digunakan pemudik, khususnya saat melewati jalur alternative atau jalur tikus.

“Tapi, saya katakan pihak kepolisian belajar dari pengalaman tahun sebelumnya. Kita mengevaluasi mana jalur tikus, yang bocor kita tutupi. Mana tempat modus operandi yang digunakan kita sudah ketahui. Yang paling bagus sudah berhenti karena mau melewati Jakarta lewati Cikarang akan kena lagi di perbatasan lain. Makanya sudah (jangan mudik) dan (kalau nekat mudik) risikonya kendaraan akan kami tahan sampai operasi ini selesai,” tegas Yusri Kamis (6/5/2021).

BERITA TERKAIT