test

Kesehatan

Kamis, 6 Mei 2021 10:05 WIB

5 Tips Mudah Hindari Dehidrasi Saat Jalankan Ibadah Puasa

Editor: Hadi Ismanto

Sebuah studi terbaru mengungkap hubungan antara perubahan iklim di masa lampau dan penyusutan otak manusia.. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kerap kita merasakan dehidrasi. Kondisi ini terkadang menyebabkan membuat seseorang mengalami sakit kepala, kelelahan hingga kesulitan dalam berkonsentrasi.

Risiko dehidrasi saat puasa menjadi lebih tinggi pada orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Meski begitu, dehidrasi yang terjadi umumnya bersifat ringan dan tidak sampai mengancam nyawa.

Seperti dirangkum dari laman Egypt Independent, Kamis (6/4/2021), berikut berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi selama puasa.

1. Cukupi Asupan Air Putih
Jaga asupan air minum yang cukup sejak berbuka puasa hingga sahur. Dalam rentang waktu ini, upayakan untuk minum satu atau dua cangkir air putih setiap jam.

2. Pilihan Pakaian
Selama berpuasa, disarankan untuk menghindari paparan panas dan membuat tubuh sesejuk mungkin. Karena itu warna, jenis kain, hingga jumlah lapisan pakaian yang digunakan saat berpuasa perlu diperhatikan.

Hindari menggunakan pakaian berwarna hitam ketika banyak beraktivitas di luar ruangan. Alasannya, pakaian berwarna hitam cenderung menarik panas dan menguncinya dekat dengan tubuh.

3. Mandi Air Sejuk
Setelah menjalani beberapa hari puasa, rasa haus biasanya akan menjadi sesuatu yang terasa normal. Karena itu, penting untuk memantau tanda-tanda dehidrasi lain.

Dalam situasi tersebut, coba redakan suhu tubuh dengan beragam cara. Salah satunya adalah berendam di dalam air yang sejuk selama 5-10 menit. Hindari penggunaan air yang terlalu dingin seperti air es.

4. Rencanakan Menu Makan
Jenis makanan yang dikonsumsi juga turut mempengaruhi hidrasi tubuh. Makanan yang tinggi gula dapat memicu terjadinya dehidrasi, sedangkan buah-buahan dapat membantu menghidrasi tubuh.

Oleh karena itu, akan lebih baik bila berbuka dengan buah-buahan yang manis dibandingkan makanan manis. Salad hijau juga baik untuk memberikan ekstra cairan bagi tubuh

5. Tentukan Waktu Olahraga yang Tepat
Berpuasa Ramadhan bukan menjadi penghalang untuk berolahraga. Akan tetapi, penting untuk menentukan waktu berolahraga yang tepat agar tidak dehidrasi saat berpuasa.

Salah satu waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah dua atau tiga jam setelah berbuka puasa agar tetap bisa minum saat berolahraga.

BERITA TERKAIT