test

Politik

Kamis, 29 April 2021 16:20 WIB

Jelang Idul Fitri, DPR Minta Pemerintah Antisipasi Kenaikan Harga

Editor: Ferro Maulana

Wakil Ketua DPR Bidang Kesejahteraan Sosial Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: DPR)

PMJ NEWS - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok yang menjadi ritual tahunan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/ 2021. DPR minta tata pengelolaan pasar dibenahi.

Wakil Ketua DPR Bidang Kesejahteraan Sosial Abdul Muhaimin Iskandar memandang yang harus segera dilakukan pemerintah saat ini yaitu melakukan reposisi strategi dalam tata kelola kebijakan pangan dalam konteks yang lebih luas.

"Soal ketersediaan pangan dan aksesibilitas bahan pangan ini merupakan kunci," ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Lebih jauh Muhaimin menuturkan, di setiap momen Idul Fitri,  kenaikan harga-harga seolah menjadi menu wajib maka di situ negara harus hadir.

Menurut Muhaimin, negara harus mampu melakukan pemberdayaan sistem pasar serta mekanisme pemasaran yang efektif dan efisien, yang disempurnakan melalui kebijakan tata niaga.

"Intervensi negara dalam hal distribusi pangan pokok masih relevan untuk melindungi konsumen dari melambungnya harga-harga yang kadang tak terkendali," sambung Muhaimin.

Muhaimin pun berharap ke depan harus ada tindakan cepat dan terobosan yang harus diambil pemerintah untuk melakukan reformasi tata kelola pangan secara keseluruhan.

Adapun langkah nyata, komprehensif dan mendasar diperlukan untuk mengatasi carut-marut persoalan pangan di Indonesia.

"Pemerintah harus segera melakukan listing terhadap seluruh perangkat perundang-undangan yang berkaitan dengan pangan,” katanya.

“Kemudian dilihat bagaimana kerangka eksekusinya untuk selanjutnya dibuat roadmap yang jelas," pungkasnya.

BERITA TERKAIT