test

News

Rabu, 13 Januari 2021 12:35 WIB

Jokowi Tunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri

Editor: Fitriawan Ginting

Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Listyo Sigit Prabowo. (Foto : PMJ/Fjr).

PMJ NEWS - Ketua DPR Puan Maharani memberikan kabar terkait keputusan Presiden RI Joko Widodo yang memilih Komjen Pol Listyo Sigit untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Disampaikan Puan Maharani di Gedung DPR RI, Rabu (13/1/2021), Surat Presiden untuk Kapolri Baru akan disampaikan langsung oleh Mensesneg Pratikno pada hari ini.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," terang Puan Maharani, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Terpilihnya Komjen Pol Listyo Sigit merupakan calon tunggal yang dipilih langsung oleh Presiden Jokowi. Selanjutnya, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri.

Untuk tahapan lanjutannya, akan dilakukan pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.

Jenderal Idham Azis sendiri akan akan memasuki masa pensiun. Mantan Kapolda Metro dan Kabareskrim ini menjabat sebagai Kapolri mulai 1 November 2019 dan pensiun pada Februari 2021.

BERITA TERKAIT