test

Kesehatan

Minggu, 25 April 2021 11:04 WIB

5 Bahan Alami dan Rempah Ini Bantu Kesehatan Pencernaan

Editor: Hadi Ismanto

Rempah herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News).

PMJ NEWS - Selain sebagai penyedap masakan warisan nenek moyang, rempah-rempah menjadi bahan herbal untuk meredakan sakit perut atau menyehatkan pencernaan.

Seperti dilansir dari Livestrong, Minggu (25/4/2021), ahli gizi dan kesehatan usus, Amanda Sauceda, RDN, CLT memberikan rekomendasi rempah-rempah untuk menyehatkan pencernaan dan baik untuk ditambahkan ke dalam makanan Anda.

1. Jahe
Sauceda mengatakan, memasukan jahe ke dalam teh atau masakan bermanfaat karena untuk membantu mengatasi mual dan muntah serta sakit perut.

Sebuah studi yang diterbitkan Maret 2016 di Integrative Medicine Insights menyebutkan bahwa jahe yang diramu bisa berfungsi sebagai pengobatan, aman efektif untuk mual selama kehamilan dan kemoterapi.

Jahe juga disebutkan dapat meningkatkan kecepatan pengosongan perut, itulah mengapa setelah mengonsumsinya dapat terbebas dari gangguan pencernaan dan nyeri perut kembung.

2. Kunyit
Kunyit terkenal akan sifat anti-inflamasi dan berpotensi membantu masalah pencernaan. Berdasarkan studi yang terbit Januari 2019 di ?Current Gastroenterology Reports??, kunyit terbukti bermanfaat sebagai pengobatan komplementer untuk penyakit usus.

"Ada juga penelitian yang muncul bahwa kurkumin, komponen utama kunyit, dapat membantu memperbaiki disbiosis mikrobioma usus, yang merupakan ketidakseimbangan bakteri usus," tutur Sauceda.

Sebuah studi yang dirilis Oktober 2019 di Nutrition, mencatat bahwa kurkumin mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus sekaligus mengurangi strain patogen.

3. Jintan
Menurut sebuah studi kecil yang dirilis Oktober 2013 di the ?Middle East Journal of Digestive Diseases, jinten minyak esensial dapat menurunkan nyeri perut dan kembung dan meningkatkan konsistensi tinja dan frekuensi buang air besar pada orang dengan IBS.

4. Ketumbar
Ketumbar adalah bahan andalan dalam beragam hidangan. Selain memberi rasa yang kuat pada masakan, ketumbar juga membantu mengatasi masalah pencernaan.

Sebagaimana studi kecil edisi Agustus 2006 dari Digestive Diseases and Sciences? menemukan bahwa suplemen herbal yang mengandung ketumbar mengurangi keparahan dan frekuensi nyeri perut, ketidaknyamanan dan kembung.

5. Mint
Sauceda mengatakan, mint dapat membantu perut kembung dan melancarkan pencernaan. Selain itu mint juga membantu relaksasi otot polos, menurunkan sensitivitas viseral, yang dapat membantu meredakan nyeri, dan bertindak sebagai antimikroba/antijamur.

BERITA TERKAIT