test

News

Kamis, 15 April 2021 17:31 WIB

Polda Metro Siagakan Personil Urai Kemacetan Jelang Buka Puasa

Editor: Hadi Ismanto

Polisi mengatur kemacetan yang kerap terjadi di sore hari sepulang jam kerja. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat ada perubahan jam kemacetan saat bulan Ramadhan. Hal tersebut dikerenakan adanya pergeseran waktu masuk dan pulang kerja yang lebih cepat dari biasanya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut biasanya kemacetan terjadi pada jam menjelang buka puasa. Diperkirakan mulai pukul16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

"Kami harap pukul 19.30 WIB kemacetan jalanan sudah mulai lancar," ujar Sambodo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (15/4/2021).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo. (Foto: PMJ News/Fjr).
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo. (Foto: PMJ News/Fjr).

Menurut Sambodo, ada empat fase perubahan kemacetan saat bulan Ramadan. Di pekan pertama, jalan-jalan akan dipadati oleh para masyarakat yang akan pulang awal. Sedangkan di pekan kedua, jalanan akan dipadati masyarakat menuju tempat makan untuk buka puasa bersama.

Sedangkan pada pekan ketiga, lanjut Sambodo, akan terjadi kemacetan di pusat-pusat perbelanjaan karena mendekati lebaran. "Kalau minggu terakhir tentunya kepadatan akan terjadi di stasiun, terminal dan bandara," tuturnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, Sambodo menyampaikan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah personel untuk mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetan.

Sementara itu, kemacetan juga akan terjadi di beberapa Masjid yang diperkirakan akan menjadi pusat aktivitas masyarakat di bulan puasa. Pasalnya warga akan menjalankan ibadah Salat Tarawih.

"Seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Mutia, Masjid Sunda Kelapa, dan beberapa Masjid lainnya ini akan disiapkan personel untuk mengatur lalu lintas," tukasnya.

Sambodo menambahkan, pola ini akan sama setiap tahun, jadi pihaknya sudah melakukan antisipasi-antisipasi untuk meredam kemacetan tersebut. Selain menambah personel dan menempatkannya petugas pada dititik-titik kemacetan tersebut.

BERITA TERKAIT