test

News

Selasa, 13 April 2021 11:20 WIB

BMKG: Munculnya Bibit Siklon Tropis Sebabkan Hujan Lebat Siang-Sore

Editor: Ferro Maulana

Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sam Ratulangi memantau adanya bibit siklon tropis 94W di Samudera Pasifik Utara Papua.

Menurut hasil pemantauan kondisi atmosfer di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin (12/4/2021), terdapat pembentukan area pertemuan serta perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Kepala Stasiun BMKG Sam Ratulangi Manado Abraham F Mustamu mengungkapkan, kondisi ini menyebabkan adanya peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Sehingga terjadi hujan sedang sampai lebat pada siang hingga sore hari disertai angin kencang dengan kecepatan maksimum mencapai 32 Knot (60 km/jam).

"Kondisi cuaca dalam sepekan ke depan diprakirakan didominasi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar Sulawesi Utara,” tuturnya, Selasa (13/4/2021).

“Dan beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang. Kondisi tersebut dipengaruhi akibat adanya bibit siklon tropis 94W," jelasnya menambahkan.

Ia mengimbau dalam periode April dan Mei 2021 adalah masa peralihan (pancaroba). Potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus (CB) juga masih perlu diwaspadai di masa pancaroba yang dapat mengakibatkan kondisi ekstrem.

Adapun cuaca yang dapat terjadi pada periode peralihan yaitu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi yang singkat dan disertai angin sangat kencang.

"Kondisi tersebut dapat disertai dengan fenomena hujan es dan puting beliung pada kondisi atmosfer lokal yang sangat labil,” tuturnya.

“Pada masa peralihan, perubahan cuaca signifikan menjadi cuaca buruk akan sering terjadi pada siang hingga malam hari," katanya lagi menutup pembicaraan.

BERITA TERKAIT