test

Hukrim

Minggu, 11 April 2021 16:35 WIB

Polri Bantah Isu Terduga Teroris FA Sebagai Pengurus Muhammadiyah

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror Polri telah menangkap terduga teroris yang berinisial FA dan istrinya. Pasutri ini diamankan di Bandara Soekarno-Hatta usai pulang dari Turki, Kamis (8/4/2021).

Sempat beredar kabar bahwa FA merupakan seorang pengurus PP Muhammadiyah. Namun, informasi ini dibantah Mabes Polri dan menyatakan bahwa FA adalah anggota dari Jamaah Islamiyah (JI) Yogyakarta.

Diketahui, FA bersama sang istri pergi ke Turki untuk membangun jaringan komunikasi bersama tokoh Al-Qaeda terkait strategi dalam mendukung gerakan terorisme secara global.

"Kami ingin meluruskan bahwa informasi yang menyebutkan terduga teroris berinisial FA adalah seorang pengurus PP Muhammadiyah jelas tidak benar," jelas Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, Minggu (11/4/2021).

"Memang, itu adalah strategi dari kelompok JI yang ingin membenturkan pemerintah bersama dengan organisasi agama agar terjadi konflik," sambungnya.

Argo menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara terduga teroris FA memiliki peran yang sangat vital. FA juga kerap melakukan doktrinasi kepada para anggota golongan Jamaah Islamiyah (JI).

"Yang bersangkutan berperan merekrut orang-orang ke dalam organisasi Jamaah Islamiyah, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan I'dad (pelatihan militer) dengan mendaki Gunung Lawu. Itu jadi salah satu persiapan awal kelompok terorisme ini," tukasnya.

BERITA TERKAIT