Kesehatan

Kamis, 8 April 2021 10:35 WIB

Kasus Corona Varian B117, Jubir Covid-19 Lakukan Antisipasi

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

PMJ NEWS - Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menerangkan pihaknya akan mengambil langkah antisipasi berupa sequencing genetik. Hal ini dikarenakan, jumlah kasus Corona varian B 117 di Indonesia mencapai 10 kasus.

"Perintah berupaya dengan  meningkatkan sequencing genetik , hal ini bertujuan untuk antisipatif perluasan terkait penularan B 117 yang lebih optimal," ujar Wiku saat dikonfirmasi, Kamis (8/4/2021).

Tak hanya itu, pemerintah pun akan kembali mengatur alur masuk keluar untuk perjalanan ke luar negeri. Kendati demikian, Wiku menjelaskan langkah efektif untuk meminimalisir penularan Corona varian B 117 ini adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara efektif.

"Pada prinsipnya, selain mengatur alur masuk dan keluar perjalanan luar negeri, upaya paling efektif untuk menekan angka ini adalah dengan adanya peningkatan protokol kesehatan secara disiplin. Karena pada dasarnya, protokol kesehatan ini dapat mencegah area virus bermutasi menjadi varian baru dan menularkan ke orang lain," sambungnya.

Terkait dengan 10 kasus baru B 117, Wiku juga menegaskan telah melakuka tracking kontak dan menerapkan karantina kepada mereka yang terpapar.

"Iya terkait dengan paparan virus varian baru (B 117) atau tidak pasti akan dilakukan tracking kontak dengan segera," terangnya.

BERITA TERKAIT