test

Kesehatan

Kamis, 25 Maret 2021 10:02 WIB

Segar dan Kaya Vitamin, Ini Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Makan buah apel bermanfaat nagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Buah apel memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mendapat manfaatnya, apel bisa dimakan langsung, dibuat jus atau dijadikan salad buah.

Apel nyaris tidak mengandung lemak dan rendah kalori, namun kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, air, vitamin C, kalium, pektin, dan asam ursolat, karbohidrat, vitamin A, vitamin K, dan folat.

Sepertid dilansir laman Harvard School of Public Health, Kamis (25/3/2021), berikut manfaat mengonsumsi buah apel bagi kesehatan tubuh.

1. Memelihara kesehatan usus
Apel segar kaya akan serat larut dan tidak larut yang membantu melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat lainnya, buah apel adalah menjaga dan membantu mencegah risiko penyakit jantung. Sebab, apel mengandung yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah adanya senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Tidak hanya itu saja, senyawa polifenol berupa flavonoid epicatechin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta risiko stroke.

Perlu diketahui pula bahwa manfaat polifenol dalam buah apel berada di bagian kulitnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak perlu mengupas bagian kulit apel saat hendak memakannya.

3. Membantu menurunkan berat badan
Serat dalam apel ada yang bersifat tidak larut dan larut. Serat larut yang disebut pektin dalam buah apel bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Hal ini karena pektin bekerja sama dengan komponen fitonutrien dalam apel untuk mengontrol kadar lemak serta kadar gula dalam darah.

Kandungan serat dan air pada buah apel tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga membantu Anda agar lebih cepat kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Menurunkan risiko penyakit diabetes
Dalam sebuah penelitian, ada yang membahas mengenai manfaat serta khasiat buah apel yaitu menurunkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol pada buah apel sehingga membantu mencegah kerusakan jaringan serta sel beta di pankreas. Sel beta ini dapat menghasilkan insulin dan seringkali mengalami kerusakan pada penderita diabetes tipe 2.

5. Mencegah kanker
Warna merah yang mendominasi sebagian besar jenis buah apel berasal dari kandungan antosianin yang mempunyai manfaat antiradang dan antikanker.

Dalam studi yang berjudul Anthocyanins and Their Role ini Cancer Prevention, ditemukan bahwa fitonutrien dalam apel dapat membantu melindungi tubuh hewan dari kanker paru dan kanker usus.

Salah satu flavonol yang ditemukan di apel juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas.

Studi lainnya dalam jurnal akademik Annals of Oncology menemukan bahwa rutin mengonsumsi satu buah apel atau lebih setiap hari dapat menurunkan risiko kanker kolorekteral hingga 20% dan kanker payudara sebesar 18 persen.

BERITA TERKAIT