test

Kesehatan

Selasa, 16 Maret 2021 10:02 WIB

4 Manfaat Daun Kucai Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Daun kucai mengandung beragam nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Daun kucai memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Biasanya daun kucai sering kita temui sebagai hiasan pada hidangan makanan atau tambahan dalam omelet, salad, sup, dan kimchi.

Daun yang sekilas mirip daun bawang ini mengandung beragam nutrisi, sehingga telah digunakan untuk pengobatan herbal sejak ribuan tahun silam di Eropa.

Dalam 1 sendok makan daun kucai terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kolin, folat, kalsium, kalium, dan fosfor. Selain itu, juga mengandung flavonoid, glikosida, dan saponin, serta berbagai senyawa aktif lain yang memiliki sifat antiradang dan antikanker.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/3/2021), berikut beberapa manfaat daun kucai untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya ingat
Kandungan kolin dan folat pada daun kucai bermanfaat untuk menjaga daya ingat, serta mendukung perkembangan fungsi otak yang sehat.

Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar kolin dan folat yang rendah berisiko lebih tinggi terkena gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

2. Mencegah osteoporosis
Daun kucai memiliki kadar kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah terjadinya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan usus
Manfaat daun kucai yang juga tak kalah penting adalah menjaga kesehatan usus. Ekstrak daun kucai diketahui memiliki efek antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare dan disentri.

4. Mengurangi risiko terjadinya kanker
Senyawa aktif yang ada dalam daun kucai diketahui memiliki sifat antioksidan dan antikanker. Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak daun kucai dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker lambung.

BERITA TERKAIT