test

News

Kamis, 4 Maret 2021 12:35 WIB

Menkominfo Minta Masyarakat Tak Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Medsos

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi Sertifikat Vaksin yang diberkan kepada penerima vaksinasi. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengingatkan kepada para penerima vaksin untuk tidak menggungah atau membagikan sertifikat vaksin ke media sosial, apalagi membagikannya secara sembarangan.

Menurut Johnny, dalam kartu tersebut terdapat informasi mengenai identitas dan tanggal vaksinasi. Bahkan dalam sertifikat vaksin ini tertera QR Code yang bersifat rahasia.

"Terkait privasi data, masyarakat agar tidak sembarangan membagikan sertifikat vaksin Covid-19 atau tiket vaksinasi yang mengandung kode QR ke media sosial," jelas Johnny Plate dalam pesan singkatnya, Kamis (4/3/2021).

Johnny mengatakan, ketika seseorang menggunggah kartu vaksinasi di medsos dikhawatirkan bisa disalahgunakan pihak lain. Pasalnya, dalam kartu tersebut terdapat nama, tanggal lahir hingga nomor induk kependudukan.

"Pada prinsipnya, informasi terkait kesehatan seperti informasi penyakit yang diderita, riwayat kesehatan, adalah informasi pribadi. Maka, informasi ini selayaknya tidak dipublikasikan secara tidak perlu," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Johnny menyarankan agar penerima vaksin lebih bijak saat menggunakan media sosial. Demi keamanan dan kerahasian data, sebaiknya kartu dikunakan untuk kepentingan yang sudah diotorisasi.

Salah satunya digunakan untuk laporan kesehatan karyawan di sebuah perusahaan atau ketika menggunakan layanan kesehatan atau transportasi umum.

BERITA TERKAIT