test

News

Rabu, 3 Maret 2021 16:35 WIB

Presiden Jokowi: Indonesia Ranking ke-35 Negara Rawan Bencana

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi. (Foto: Instagram Jokowi)

PMJ NEWS - Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia berada di ranking ke-35 negara rawan bencana di dunia.

 "Saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa negara kita Indonesia negara yang rawan terhadap bencana. Masuk 35 paling rawan risiko bencana di dunia," tutur Jokowi saat memberikan arahan Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Kepala Negara menerangkan, Indonesia mempunyai ranking tertinggi rawan bencana lantaran mempunyai jumlah penduduk yang besar. Sehingga risiko jumlah korban jiwa semakin besar.

"Kita sekali lagi menduduki ranking tertinggi bencana. Karena jumlah penduduk kita besar, sehingga risiko jumlah korban yang terjadi apabila ada bencana juga besar," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya Kepala BNPB Doni Monardo membeberkan dari awal Februari 2020 hingga akhir Februari 2021 BNPB mencatat ada 3.253 kali peristiwa bencana di Tanah Air.

Hal tersebut, menurut Doni, diperkirakan lebih dari 9 kali terjadi bencana, mulai dari gempa tsunami, erupsi gunung berapi, karhutla, banjir, banjir bandang, tanah longsor hingga angin puting beliung. Sebab itu Jokowi menilai hal tersebut bukanlah cobaan yang kecil, tetapi perlu dihadapi.

"Bukan sebuah angka yang kecil, tapi cobaan ujian dan tantangan itu yang harus kita hadapi. Baik bencana hidrometeorologi maupun bencana geologi," pungkasnya.

BERITA TERKAIT