test

News

Selasa, 2 Maret 2021 13:20 WIB

Setahun Covid di Indonesia, Kemenkes Temukan Dua Kasus Mutasi Baru Corona

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. (Foto: PMJ News/Kemenkes).

PMJ NEWS - Di tengah momen setahun pandemi Covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan temuan dua kasus mutasi virus SARS-CoV-2 B117 di Indonesia. Varian virus itu diketahui pertama kali muncul di Inggris dan menyebar ke lebih dari 33 negara.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi tepat dalam setahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," ungkap Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono melalui kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Dengan temuan itu, Dante pun meminta agar pemerintah dan masyarakat sama-sama berkolaborasi untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang semakin berisiko tinggi, sebab mutasi virus itu dinilai lebih cepat menyebar.

Menurut dia, temuan itu didapatkan dari pemeriksaan terhadap 462 sampel dengan metode Whole Genome Sequence (WGS). Lima provinsi yang paling banyak diambil sampel adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan DI Yogyakarta.

"Ini akan membuat tantangan baru kita kedepan untuk lebih mengembangkan proses yang berkaitan riset yang semakin cepat. Model penanganan yang lebih baik dan studi epidemiologis secara analitik. Karena proses mutasi sudah ada di sekitar kita," pungkas Dante.

Sebelumnya, Menristek Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia masih terus melakukan teknik WGS. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, sebagai salah satu pihak yang melakukan WGS, juga menargetkan menganalisis 5.000 sampel.

BERITA TERKAIT