News

Rabu, 24 Februari 2021 09:22 WIB

Terapkan PPKM, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di 7 Provinsi Naik

Editor: Ferro Maulana

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS -  Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan, bahwa tingkat kesembuhan pasien Covid-19 mengalami tren kenaikan di tujuh provinsi yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Perkembangan kesembuhan cenderung mengalami tren kenaikan meskipun bervariasi waktunya," ujar Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam siaran persnya  di Graha BNPB Jakarta.

Wiku menjelaskan, bahwa DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali dan Jawa Timur menunjukkan tren kenaikan tingkat kesembuhan saat memasuki tahap ketiga PPKM di tingkat kabupaten/kota. Sedangkan, DI Yogyakarta dan Banten menunjukkan tren kenaikan pada tahap II PPKM.

Seorang penerima vaksin Covid-19 tangah menjalani penyuntikan. (Foto: PMJ News/Yeni).
Seorang penerima vaksin Covid-19 tangah menjalani penyuntikan. (Foto: PMJ News/Yeni).

Meski begitu, tingkat kesembuhan di Jawa Tengah cenderung datar dan bahkan menunjukkan sedikit penurunan pada tahap ketiga PPKM tingkat kabupaten/kota.

Berdasarkan data tersebut, Wiku menegaskan bahwa pelaksanaan PPKM yang sudah memasuki tahap ketiga menunjukkan dampak positif terhadap tren kesembuhan.

Hal itu dibuktikan dengan persentase kesembuhan yang mengalami kenaikan, seperti di DKI Jakarta dari 89,22 persen sebelum PPKM menjadi 94,36 persen per 19 Februari 2021, Banten dari 52,43 persen menjadi 72,97 persen, D.I. Yogyakarta dari 66,31 persen menjadi 75,60 persen.

"Dengan upaya pelaksanaan PPKM Mikro ke hingga tingkat RT/RW dapat semakin mempercepat penanganan pasien positif Covid-19 sehingga menjaga agar persentase kesembuhan ini dapat terus meningkat," ungkap Wiku.

 Dirinya pun berharap pelaksanaan PPKM Mikro mampu mendorong kenaikan tren kesembuhan, terutama untuk daerah yang belum mengalami kenaikan signifikan dan yang turun persentasenya.

 

BERITA TERKAIT