test

Kesehatan

Rabu, 24 Februari 2021 10:04 WIB

Peneliti Ungkap Empat Gejala Baru Covid-19, Wajib Diwaspadai

Editor: Hadi Ismanto

Pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti Imperial College London mengungkapkan ada empat gejala tambahan yang dapat menjadi indikator Covid-19. Keempat gejala itu berupa panas dingin, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dan nyeri otot.

Temuan tersebut didasarkan pada data-data yang dihimpun dari satu juta lebih orang. Selama studi berlangsung, tes swab dan kuesioner dilakukan serta dianalisis dalam periode Juni 2020 dan Januari 2021.

Tim peneliti lalu menemukan bahwa pasien yang melaporkan keempat gejala ini memiliki kemungkinan untuk mendapatkan hasil positif dalam tes Covid-19. Para pasien yang mengeluhkan gejala-gejala tersebut juga mengalami gejala klasik Covid-19.

Direktur Program REACT di Imperial Profesor Paul Elliotengan mengatakan dengan temuan baru ini diharapkan akan ada lebih banyak kasus Covid-19 yang terdeteksi dan tertangani sebelum menyebar lebih jauh.

"Studi ini menunjukkan ada banyak orang dengan Covid-19 yang tidak dites dan kemudian tidak melakukan isolasi mandiri, karena gejala mereka tidak sesuai dengan panduan kesehatan saat ini untuk mengidentifikasi orang yang terinfeksi," jelas Profesor Elliot seperti dilansir Cosmopolitan, Rabu (24/2/2021).

Tak hanya Profesor Elliot, ebanyak 140 dokter umum juga membuat surat bernada serupa yang diterbitkan di British Medical Journal. Mereka meminta agar peneliti ternama memasukkan gejala baru Covid-19 ke dalam daftar gejala resmi Covid-19.

Para dokter tersebut meminta tiga gejala ditambahkan ke dalam daftar resmi gejala Covid-19. Ketiga gejala tersebut adalah hidung berair, sakit kepala, dan nyeri tenggorokan.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan demam, batuk kering, dan rasa lelah sebagai gejala Covid-19 yang paling sering terjadi. Akan tetapi, WHO juga memberikan daftar gejala Covid-19 kurang namun tetap perlu diwaspadai oleh masyarakat.

Sebagian gejala yang tergolong kurang umum menurut WHO adalah nyeri atau sakit, nyeri tenggorokan, diare, konjungtivitis, sakit kepala, kehilangan indera perasa atau penciuman, serta ruam pada kulit atau perubahan warna baik pada jari tangan maupun jari kaki.

Agar lebih aman, orang-orang yang mengalami gejala kurang umum dan gejala tidak resmi Covid-19 lain sebaiknya tetap melakukan isolasi mandiri. Dengan cara ini, risiko penularan Covid-19 kepada orang lain dapat dicegah.

BERITA TERKAIT