test

News

Jumat, 19 Februari 2021 20:07 WIB

Menristek Nilai Tes GeNose Bisa Diterapkan di Tempat Wisata dan Mal

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro menilai harga alat screening Covid-19 GeNose C-19 nyaman digunakan. Selain itu, alat ini unggul soal harga karena murah hanya Rp600 setiap kali pemakaian.

Menurut Bambang, GeNose C-19 cocok sebagai screening karena mudah tinggal hembuskan nafas, nyaman, tidak perlu dicolok-colok hidung dan tenggorokan. Bahkan waktu pemeriksaan juga cepat.

"Harga terjangkau Rp60 juta untuk 100 ribu pemakaian. Per pemakaian hanya Rp600. Perlu ada tambahan plastik. Ada hepa filter. Harus diganti jika ada yang positif arena terkontaminasi," ujar Bambang saat Hybrid Launching secara virtual, Jumat (19/2/2021).

Bambang berharap GeNose dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan sektor pariwisata. Dia menilai alat ini bisa digunakan sebagai pemindai atau screening Covid-19 di lokasi wisata.

"Kita ingin sektor pariwisata bisa mendayagunakan GeNose ini untuk mulai menghidupkan kembali kegiatan pariwisata," tuturnya.

Bahkan, Bambang menyebut GeNose juga dapat digunakan untuk alat screening Covid-19 di hotel atau pusat perbelanjaan. Hal ini juga mendukung sektor pariwisata.

Nantinya, setiap karyawan dan pengunjung diwajibkan melakukan screening menggunakan GeNose sebelum memasuki hotel atau pusat perbelanjaan.

BERITA TERKAIT