logo-pmjnews.com

test

News

Kamis, 18 Februari 2021 14:10 WIB

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Wagub Imbau Warga Jakarta Waspada Banjir

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: PMJ News/Pemprov DKI)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto: PMJ News/Pemprov DKI)

PMJ NEWS - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat untuk siaga dan mempersiapkan diri kemungkinan ada bencana banjir. Hal ini merespon prakiraan BMKG yang menyebut akan terjadi cuaca ekstrem dan hujan deras di Pulau Jawa pada 18-19 Februari 2021.

"Memang beberapa hari akan agak ekstrem (cuaca), masyarakat kami minta siap siaga, aparat siap siaga, kami juga sama-sama mempersiapkan," ungkap Riza di Kantor BPBD DKI Jakarta, Kamis (17/6/2022).

"Cuaca (ekstrem) ini memang harus kita hadapi dengan bijak, tenang, sabar, kita sinergi positif, kolaborasi, itulah tugas kita melakukan pencegahan," sambungnya.

Riza menjelaskan, sejatinya sumber banjir di Jakarta berasal dari hujan lokal, rob, dan kiriman dari hulu. Meski demikian, dia mengklaim bencana banjir di Jakarta mengalami penurunan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Mulai dari korban jiwa jauh menurun, pengungsi jauh menurun, genangan dan banjir semua menurun, semua adalah kerja sama kita semua antara masyarakat dengan pemerintah," ucap dia.

Pada kesempatan yang sama, Wagub yang akrab disapa Ariza ini juga memastikan kesiapan pengadaan logistik yang dibutuhkan saat banjir. Mulai dari peralatan pencegahan hingga logistik makanan.

"Mulai dari pompa sampai, perahu ban kebutuhan baik pengungsi mulai dari selimut sampai tikar, sampai kebutuhan minum air mineral, susu, bahkan kebutuhan pempers, kebutuhan bayi sudah siap, makanan siap saji juga sudah siap," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Peringatan dini terkait bahaya banjir kembali dikeluarkan oleh Badan Metorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG). Setidaknya ada enam provinsi di Pulau Jawa dinyatakan berstatus siaga banjir.

Seperti dilansir dari laman resmi BMKG, peringatan siaga banjir itu berlaku untuk Kamis (18/2/2021) sampai dengan Jumat (19/2/2021). Enam provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

“Berlakunya (peringatan siaga banjir) ini mulai dari 18 Februari 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 19 Februari 2021 pukul 07.00 WIB," tulis BMKG melalui keterangan resminya.

BERITA TERKAIT