test

Kesehatan

Rabu, 10 Februari 2021 10:02 WIB

5 Tips Aman Rayakan Imlek di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Perayaan Imlek 2021. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Perayaan Imlek atau tahun baru China hanya tinggal tiga hari lagi. Di hari besar tersebut, tentu banyak tradisi-tradisi unik dan menarik yang dilakukan dalam memperingatinya.

Salah satunya, masyarakat Tionghoa akan mengunjungi sanak saudara untuk berkumpul bersama. Namun, untuk perayaa Imlek 2021 ini akan berbeda dari sebelumnya karena berlangsung pada masa pandemi Covid-19.

"Perayaan tahun baru Imlek 2572 dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, kreatif, dan tetap taat protokol kesehatan," tulis Komite Penanganan Covid-19 dan Percepatan Ekonomi Nasional (KPCPEN) melalui akun Instagram resminya, @lawancovid19_id.

Seperti dikutip dari unggahan akun instagram KPCPEN, Rabu (10/2/2021), berikut tips merayakan Imlek agar lebih aman dari penularan Covid-19.

1. Saat lakukan tradisi bersih-bersih rumah untuk sambut rezeki dan keberuntungan, sekalian gunakan disinfektan agar lebih aman dari virus Covid-19.

2. Persiapkan makan malam Tahun Baru Imlek dengan menambahkan menu-menu yang bergizi seimbang.

3. Lakukan tradisi berkunjung ke rumah sanak saudara dan keluarga besar secara virtual dengan berbagai aplikasi yang menyediakan panggilan video (video call).

4. Tradisi kirim angpao bisa memanfaatkan teknologi pengiriman uang elektronik seperti M-Banking, atau dompet digital (E-Wallet).

5. Jika melakukan aktivitas di luar rumah selama Imlek berlangsung, ingat untuk disiplin 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun setiap akan menyentuh area wajah.

BERITA TERKAIT