test

News

Rabu, 3 Februari 2021 13:35 WIB

Semakin Mengerikan, Angka Kematian Pasien Covid-19 Meningkat Tajam

Editor: Fitriawan Ginting

Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto : PMJ/Dok BNPB).

PMJ NEWS - Perkembangan kasus Covid-19 disampaikan langsung oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Tanah Air. Terbaru mengenai kasus kematian warga yang terpapar virus tersebut yang terus mengalami peningkatan cukup tajam.  

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengungkapkan, pada pekan sebelumnya, kasus kematian Covid-19 di Indonesia sempat menurun tiga persen. Sayangnya pekan ini kembali meningkat tajam.

"Pekan lalu sempat menurun. Namun pada pekan ini, angka kematian kembali meningkat tajam. Naik 25,3 persen dari minggu lalu. Ini adalah kondisi yang perlu menjadi perhatian kita bersama," kata Wiku melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 2 Februari 2021.

Wiku menjelaskan, pada pekan ini ada lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus kematian Covid-19 sangat tinggi. Yakni, Jawa Barat yakni 245 dari 170 menjadi 415 kasus.

Kemudian disusul Jawa Tengah naik 142 dari 348 menjadi 490 kasus. Sulawesi Utara naik 38 dari 19 menjadi 57 kasus, DKI Jakarta naik 29 dari 250 menjadi 279 kasus dan Kalimantan Utara naik 24 dari 0 menjadi 24 kasus.

Catatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, angka kematian di Indonesia didominasi kelompok umur di atas 59 tahun. Persentasenya mencapai 47,1 persen.

"Kondisi ini menggambarkan bahwa upaya menekan angka kematian harus kita lakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit utamanya pada kelompok lansia. Kondisi lansia yang cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dan penyakit komorbid yang dimilikinya dapat memperparah kondisi tubuh saat terinfeksi Covid-19," urai Wiku.

"Masyarakat perlu memahami bahwa kematian akibat Covid-19 tidak hanya terjadi pada mereka yang memiliki komorbid tetapi bisa pada siapa saja terutama pada mereka yang terlambat mencari pertolongan," sambungnya.

Wiku juga mengungkapkan terkait kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. Saat ini pihaknya mencanangkan posko pengawasan PPKM di tingkat desa dan kelurahan. Tujuannya adalah agar mendorong masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

BERITA TERKAIT