test

News

Selasa, 2 Februari 2021 11:00 WIB

dr Reisa: Kasus Aktif Covid-19 Dua Kali Lipat dari Kapasitas Stadion GBK

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

dr Reisa Broto Asmoro. (Foto:PMJ News/Biro Pers Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Memasuki tahun 2021, kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Diperkirakan jumlahnya mencapai lebih dari ratusan ribu kasus.

"Kasus aktifnya saat ini sudah mencapai 175 ribu. Jumlah yang banyak sekali untuk dirawat," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr Reisa, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/2/2021).

"Apabila dapat diibaratkan, jumlah ini dua kali lipat lebih besar dibandingkan jumlah kapasitas penonton di stadion Gelora Bung Karno," sambungnya.

Tingginya kasus aktif Covid-19 di Indonesia ini menjadi beban rumah sakit. Sebab, rasio pemanfaatan tempat tidur, ruang gawat darurat, ruang ICU, serta ruang isolasi mencapai lebih dari 60%.

Lebih jauh, dr Reisa menjelaskan tenaga kesehatan dan nakes akan tetap kewalahan jika angka kasus aktif ini terus meningkat, meskipun Kementerian Kesehatan telah mengerahkan puluhan ribu relawan kesehatan untuk membantu penanganan Covid-19.

dr Reisa mengajak seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran virus ini dengan selalu menerapkan protokol kesehatan agar tak ada lagi pertambahan kasus aktif di Indonesia.

"Maka dari itu, cegah bapak ibu saudara-saudara sekalian, kita harus mencegah agar kita tidak menjadi pasien baru Covid-19," tutupnya.

BERITA TERKAIT