test

News

Minggu, 31 Januari 2021 19:25 WIB

Wamenkes Targetkan Vaksinasi Nakes Selesai Februari 2021

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. (Foto: PMJ News/Kemenkes).

PMJ NEWS - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Hubowono menyebut sebanyak 593.372 tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia telah menjalani vaksinasi Covid-19. Angka tersebut sebesar 39,5 persen dari target pemerintah yang menargetkan 1,5 juta nakes

Dia memperkirakan tahap pertama vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan ini akan tuntas pada 21 Februari 2021. Kemenkes akan mempercepat vaksinasi demi tercapainya terget tersebut.

"Kita targetkan 100 persennya akan dicatat pada minggu ketiga Bulan Februari ini. Jadi (vaksinasi) tenaga kesehatan akan selesai di minggu ketiga Bulan Februari," ungkap Dante Saksono di Graha YKP Surabaya, Minggu (31/1/2021).

Dante mengatakan tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi bisa menjadi contoh masyarakat bahwa vaksinasi aman. Dimana nakes ini mampu menjalankan protokol medis untuk melayani warga.

"Tenaga kesehatan (juga) berperan memberi contoh kepada kelompok masyarakat yang masih resisten terhadap vaksinasi," ujarnya.

Oleh karena itu, Dante meminta seluruh tenaga kesehatan di Indonesia bersedia mengikuti tahapan penuh program vaksinasi ini. Selain bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh, ini akan membuat masyarakat yakin bahwa vaksinasi ini aman.

"Sehingga setelah semua tahap vaksinasi ini tuntas, mudah-mudahan akan tercipta kekebalan kelompok atau biasa disebut herd immunity sehingga mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tukasnya.

BERITA TERKAIT