test

News

Jumat, 29 Januari 2021 16:50 WIB

Kementerian ESDM Dorong PLN Tambah Infrastruktur Kendaraan Listrik

Editor: Ferro Maulana

Stasiun pengisian kendaraan listrik umum. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) mendorong PT PLN (Persero) untuk mengakselerasi penambahan infrastruktur pengisian kendaraan bermotor menggunakan listrik.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, saat ini telah ada 101 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di 73 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Adapun SPKLU dapat ditemui di beberapa tempat. Antara lain, SPBU, SPBG, perkantoran, perhotelan, pusat perbelanjaan, area parkir, maupun rest area di sepanjang jalur tol.

"Berdasarkan Perpres dan Permen ESDM Nomor 13 tahun 2020, PLN memang mendapatkan penugasan sebagai ujung tombak penyediaan infrastruktur pengisian kendaraan bermotor listrik dengan rencana penambahan hingga 24.720 unit untuk 10 tahun ke depan," tutur Rida, di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Sementara itu, komitmen pemerintah untuk mendukung implementasi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), menurutnya, sudah diwujudkan dengan terbitnya Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, serta turunannya Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Pemerintah juga mulai memakai KBLBB sebagai kendaraan operasional di lingkungan berbagai kementerian/ lembaga. Selain itu, dukungan penggunaan KBLBB juga datang dari berbagai instansi lainnya.

Menurut Rida, sampai saat ini telah diperoleh komitmen dari berbagai instansi berkenaan penggunaan KBLBB sebanyak 19.220 unit kendaraan roda empat dan 757.139 unit kendaraan roda dua sampai dengan 2025. Kemudian, KBLBB sebagai alat transportasi merupakan langkah pemerintah untuk mengurangi impor BBM dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

BERITA TERKAIT