test

Kesehatan

Sabtu, 16 Januari 2021 15:03 WIB

4 Tips Mudah Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Tips mudah mengelola stres di masa pandemi Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Berbagai masalah kerap timbul di masa pandemi Covid-19, hal itu dapat memicu stres berlebihan. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk lebih memperhatikan kesehatan mental.

Seperti dilansir laman Fatherly, Sabtu (16/1/2020), banyak cara untuk mengurangi tingkat stres. Berikut 4 tips sederhana untuk menjaga kesehatan mental Anda.

1. Bicara dengan Diri Sendiri
Pandangan seseorang terhadap diri sendiri akan sangat mempengaruhi bagaimana dia memproses dan memahami sesuatu yang terjadi pada dirinya. Inilah alasan mengapa penting bagi seseorang untuk meluangkan waktu sejenak dan berkomunikasi dengan diri sendiri.

2. Luangkan waktu untuk pribadi
Luangkan waktu 30 menit untuk diri sendiri setiap hari. Manfaatkan waktu ini untuk merelaksasi diri, membakar energi, atau terlibat dalam hubungan sosial.

Waktu ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang dianggap menenangkan atau membahagiakan, misalnya berendam air hangat, berjalan kaki dengan hewan peliharaan, bermain permainan daring bersama teman, atau membaca.

"Terlibat dalam aktivitas-aktivitas ini membantu menurunkan stres dengan cara yang beragam," jelas psikolog Kelly N Banneyer.

3. Habiskan waktu bersama Anak
Luangkan waktu setiap hari untuk berkomunikasi dan beraktivitas "satu lawan satu" dengan anak. Biarkan anak yang mengambil kendali dalam momen ini.

Aktivitas yang dipimpin oleh anak dapat meningkatkan hubungan anak-orang tua, serta memperbaiki meregulasi emosi dan toleransi frustrasi.

4. Lakukan hobi
Mendalami hobi untuk me time juga dapat mmeberikan perasaan senang dan meredakan stres. Coba pilih hobi yang tidak terlalu banyak menguras pikiran dan dapat memberikan perasaan gembira.

BERITA TERKAIT