test

News

Selasa, 12 Januari 2021 20:38 WIB

Apartemen Tangguh Usaha Atasi Problem Sosial Kemasyarakatan Disaat Pandemi

Editor: Fitriawan Ginting

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi. (Foto : PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Sejak kasus Covid-19 meningkat di Indonesia, berbagai permasalahan sosial dan ekonomi muncul di tengah masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika Covid-19 telah hampir melumpuhkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia, khususnya di beberapa daerah dengan tingkat penyebaran tertinggi seperti Jabodetabek. Bahkan Jakarta masuk menjadi zona merah pekat.

Yang sangat disayangkan, banyak masyarakat yang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang demi untuk bertahan hidup. Terbaru, kasus terbongkarnya prostitusi online melalui Aplikasi MiChat yang dilakukan di Apartemen Green Pramuka, Tower Bougenville dan Tower Crysant, Jakarta Pusat dengan melibatkan banyak muda-mudi yangihanya dihargai 200-300 ribu rupiah.

Prostitusi online banyak melibatkan anak remaja. (Foto : PMJ/Lel).
Prostitusi online banyak melibatkan anak remaja. (Foto : PMJ/Lel).

Kondisi ekonomi menjadi faktor yang membuat anak-anak remaja dan orang dewasa ini nekat untuk terlibat dalam prostitusi online. Bahkan terdapat belasan anak di bawah umur dalam bisnis haram tersebut. Kepincangan ekonomi ini dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Kondisi tersebut sangat memprihantinkan. Apartemen rentan menjadi sasaran lokasi prostitusi online.

Melihat hal tersebut, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi akan berusaha keras untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap survive dalam menjalankan kehidupan di tengan pandemic Covid-19.

“Kita berusaha untuk memberikan solusi dan memikirkan problem sosial ekonomi yang ada di masyarakat. Kasus ini (Prostitusi Online) yang melibatkan anak—anak muda dampai anak di bawah umut, jelas sangat memprihatinkan kita semua,” jelas Kombes Pol Hengki Haryadi, Selasa (12/1/2021).

Saat dilokasi penggerebekan. (Foto ; PMJ/Lel).
Saat dilokasi penggerebekan. (Foto ; PMJ/Lel).

"Bukan kali pertama apartemen dijadikan tempat prostitusi. Ini rentan sekali. Kami akan terus mencoba mengedukasi masyarakat terutama muda-mudi terkait prostitusi online yang jelas melanggar hukum. Apalagi ini terjadi ditengah pandemi Covid," sambung Hengki.

Hengki Haryadi menambahkan, pihaknya akan berusaha untuk meningkatkan ketahanan sosial dan juga ekonomi ditengah-tengah masyarakat, terutama ditengah pandemi Covid-19 yang kasusnya terus mengalami kenaikan. Ia akan membentuk Apartemen Tangguh untuk mengatasi masalah sosial ekonomi dan lainnya yang dihadapi masyarakat saat ini.

Apartemen Green Pramuka City. (Foto : PMJ/IG).
Apartemen Green Pramuka City. (Foto : PMJ/IG).

"Kita akan buat Apartemen Tangguh dalam hal mengatasi sosial ekonomi yang saat ini masyarakat hadapi ditengah pandemi Covid-19. Apartemen ini nantinya memiliki peran sentral dalam hal menekan penyebaran Covid-19 dan nantinya membantu meringankan beban masyarakat terutama dari kebutuhan sehari-hari," tegas Hengki Haryadi.

Konsepnya berbasis problem solving  dengan metode scanning  analisis response dan assesment terus dikembangkan untuk mewujudkan jadetabek yang sehat, aman dan damai, dengan masyarakat yang tangguh kesehatan, tangguh keamanan, tangguh sosial dan tangguh ekonomi.
 
“Di Apartemen Tangguh nantinya juga akan membantu masalah ekonomi sosial yang terjadi di masyarakat. Kita akan berusaha keras, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan dampak sosial ekominya," tutup Hengki Haryadi.

BERITA TERKAIT